"Dengan tetap memperhatikan hukum & perundang-undangan serta kode etik "posting" yang santun yaitu dengan mencantumkan nara sumber aslinya, kiranya penyebarluasan informasi, pendidikan ataupun perkembangan iptek tidak perlu terhalang semata alasan pranata hukum HaKI, sebagaimana dijamin oleh hukum & peraturan perundang-undangan sebagai bentuk pengecualian (Pasal 15 UU No 19 Tahun 2002)"

Renungan Bulan Ini...

"Tiada yang lebih baik dari dua kebaikan : Beriman pada Allah dan bermanfaat bagi manusia. Tiada yang lebih buruk dari dua kejahatan : Syirik pada Allah dan merugikan manusia" (dari berbagai sumber)

the holy qur'an

Hari Ini Dalam Lintasan Sejarah

Monday, January 4, 2010

(REFRESHING) Aneka Macam Umpan Pancing Ikan Mas



Bagian awal posting sengaja penulis beri judul "refreshing" semata untuk mengingatkan para pemancing mania supaya tidak melupakan / melalaikan kewajiban utamanya terlebih dahulu ketimbang "harus" pergi memancing. Sekedar pembanding penulis sengaja memuat banyak variasi umpan yang dikutip dari berbagai sumber. Berdasarkan pengalaman sendiri dan kawan2 lain, variasi umpan semacam ini perlu diketahui mengingat macam-macam umpan akan sangat bergantung kepada jenis air, cuaca, ataupun jenis ikan mas yang menjadi target memancing.

RESEP 1:
Bahan yang diperlukan :
-         Ubi jalar 300 gr
-         Ubi kayu / singkong 200 gr
-         Mie instant ( rendam air panas )
-         Belut 250 gr
-         1 telur bebek
-         Trasi 1sm
-         1 ons telur semut / kroto
-         Pelet lele secukupnya ditumbuk halus

Cara pembuatan :
-         Ubi jalar dan ubi kayu dikukus sampai matang dan setelah dingin ditumbuk sampai halus
-         Belut dikukus juga bersamaan,usahakan masukkan belut dalam plastic sehingga air dagingnya tidak terbuang ( atau tercampur air kukusan ). Nantinya akan dicampurkan bersama dengan ketela yang sudah ditumbuk,. Jangan lupa untuk memisahkan daging dan tulangnya
-         Campur ketela, daging belut, mie instant dan trasi bersamaan buat adonan menjadi mudah dibentuk dan tidak terlalu lembek. Untuk mengeraskan campurkan pellet yang sudah ditumuk halus. Terakhir campurkan telur semut atau kroto kedalam adonan. Untuk lebih menghemat kroto, ambil adonan sedikit – sedikit. Missal 100 gram, baru campurkan kroto. Setelah habis ambila adonan lagi. Sehingga kroto masih dalam keadaan segar

RESEP 2:
-          6 butir telur ayam negeri (yg biasa dijual di warung), tapi diambil putihnya saja..
-          1 sachet susu bubuk dancow yang putih..
-          1 ons (boleh lebih) kroto (kalo bisa yg lebih muda)
-          1 ons kroto yg masih agak bayi (ini penting)
-          pengeras/Kinoi
Cara membuat:
-Susu diseduh dengan sedikit air, kira-kira 100ml. -setelah rata, masukkan putih telur, diaduk sampai rata, - setelah rata, masukkan kroto 1 ons, diaduk sapai rata.. -masukkan 3 lembar daun pandan wangi (jangan kebanyakan). -setelah itu dikukus dalam api sedang.. -setelah airnya habis dan mengental, angkat... Nah, adonan sudah siap digunakan... Setelah itu, bawa umpan kita ke empang..sebaiknya dibagi menjadi 2,  utk pagi sampai siang dan siang sampai sore... Separo adonan itu jika kurang padat, bisa ditambahkan kinoi.. setelah itu dicampur dengan kroto yg masih bayi, dibentuk bukat-lonjong menyerupai tetesan air...
Umpan tidak perlu banyak2, karena ikan mas makannya agak malu2..asal nutupin kail saja.. setelah dilempar ke kolam, jika ada sentakan sedikit2 tapi arahnya ke bawah, berarti kail kita sudah dimakan ikan..segera sontak...!

RESEP 3:
2 bungkus Indomie kari ayam
4 butir telur ayam kampong
2 sendok makan penuh bubur bayi Nutrisia beras
1 sendok makan susu bubuk Infamil
2 sendok makan roombutter Weijmans
1 sendok teh keju Kraft
1 sendok teh bubur bayi Cerelac beras

Cara membuat :

Indomie diblender sampai halus lalu diaduk dengan kuning telur yang sudah dikocok. Roombutter dipanaskan sampai mencair. Ke dalamnya lalu dimasukkan keju parut dan diaduk. Pemanasan diteruskan dengan api kecil. Bahan-bahan lain kemudian dicampurkan. Selama pengadukan, api harus tetap kecil supaya adonan tidak hangus. Setelah warnanya agak kuning, bubur bayi Cerelac beras dimasukkan dan diaduk lagi. Adonan didinginkan sebelum dimasukkan kedalam kaleng untuk disimpan. Cerelac berfungsi untuk pengeras umpan. Apabila saat dipakai umpan terlalu lembek ( mudah hancur ), tepung Cerelac dapat ditambahkan lagi. Sebelum dipakai umpan harus dicampur rata dengan telur semut merah atau kroto secukupnya.

RESEP 4:
3 buah ubi jalar manis
1 kaleng Tuna (Tuna in oil)
2 bungkus Chiki Snack keju
2 bungkus pelet merah
1 tutup botol minyak ikan (Scott’s Emultion White)

Cara membuat :

Kukus ubi jalar, parut dan haluskan. Remas Chiki Snack hingga hancur, campurkan dengan adonan aduk lagi sampai rata. Tuna kaleng dibuka tuangkan minyaknya saja tambahkan sedikit air tuang lagi ke adonan (daging ikan dapat dipakai ke umpan lain). Masukkan pelet dan minyak ikan Scott’s, aduk hingga merata. Campurkan kroto atau daging belut saat akan dipakai.

RESEP 5:
150 gram ubi jalar
100 gram singkong
2 tongkol jagung manis
50 gram keju
2 kuning telur ayam kampong
1,5 sendok makan gula
1,5 sendok garam halus
50 gram kacang tanah goring
50 gram kacang mete goring

Cara membuat :

Kukus ubi jalar, singkong, dan jagung manis sampai setengah matang. Parut keju kemudian aduk rata bersama kuning telur. Giling kacang tanah dan mete dengan blender, goreng sampai halus. Tambahkan ubi jalar, singkong, jagung yang telah dikukus, keju dicampur kuning telur, garam, dan gula. Blender sekali lagi hingga halus dan tercampur merata. Kukus adonan yang telah diblender diatas cetakan kue beralas daun pisang kurang lebih 30 menit. Campurkan kroto sewaktu akan digunakan.

RESEP 6:
1. Pelet Jitu
2 Bungkus
2. Sarden Pacific Queen
1 Kaleng
3. Telur
1 Butir
4. Umpan Swim Fish “Wangi”
1 Bungkus
5. Keroto 
2 ons

Cara Membuatnya :
Persiapkan wadah plastik lalu tuangkan pelet jitu dan umpan swim fish “wangi” aduk dahulu hingga rata lalu masukan telur dan aduk kembali hingga tercampur secara merata. Setelah benar-benar merata tuangkan sarden pacific queen, cara menuangnya adalah masukan terlebih dahulu ikan-ikan sarden lalu air/oil sarden hanya dituang setengahnya saja. Aduk-aduk kembali hingga rata, setelah rata adonan umpan dimasukan kedalam wadah plastik kiloaan untuk dikukus selama kurang lebih 3-5 menit.
Umpan ekonomis dan praktis II siap dipergunakan, langkah terakhir adalah bagi yang suka menggunkan keroto umpan ini juga dapat menggunkan keroto atau tanpa keroto. Selamat mencoba, salam strike.

RESEP 7:
Umpan pagi :
1. Ikan mujaer 3 jari, 4 – 5 ekor
2. Tepung sagu 1,5 sdm (sendok makan)
3. Tepung ketan 3 sdm
4. 1 sdm susu dencow bubuk
5. Putih telor bebek 2 biji
6. Susu beruang kira kira 3 sdm (secukupnya).
7. Pandan secukupnya (ambil yg agak ujung, jangan terlalu pangkal)
8. Kroto 1 – 2 ons yang bagus (tidak bau). jika bau rendam dengan air panas sebentar lalu tiriskan.

Cara membuat:
1. Kukus ikan mujaer sampai empuk, kemudian ambil dagingnya saja (yg putih), duri jgn sampai ikut. kemudian haluskan.
2. Stlh halus campur semua adonan di atas hingga yakin merata, kecuali kroto dan pandan.(utk kroto selera, bisa di kukus lgsg atau bisa nanti dicocolkan pada waktu mancing.
3. Kemudian masukan pandan, kukus hingga bau wangi dari pandan keluar. kira2 40 menit, kemudian dinginkan. setelah itu umpan bisa d coba terutama pagi hari.
NB : untuk memasang umpan ini, tangan harus sedikit dibasahi, karena sangat lengket.


RESEP 8:
Umpan Siang:
1. Sarden tuna (DECHO)1 kaleng
2. Kinoy kristal 1 bungkus
3. Kinoy susu 1/2 bungkus
4. Katu lampak 1/2 bungkus
5. Super tombro warna kuning 1 bungkus
6. Susu dencow bubuk 1/2 sachet ( bungkus yg kecil)
7. 2 butir telor bebek kuningnya saja
8. Pandan
9. Kroto
10. 2 sdm tepung sagu ( fungsinya hanya untuk perekat umpan agar tidak hancur), tidak diberi tidak apa-apa.

Cara Membuat:
1. masukan sarden tuna (DECHO) ke dalam blender berikut minyaknya yg ada dlm kaleng tsb, masukan 2 butir kuning telor bebek ke dalam blender jg, kemudian haluskan dengan blender.
2. masukan item no 2 sampai 5 dan 10 di tempat lain yg kering, aduk hingga rata. kemudian masukan adonan sarden tuna DECHO dan kuning telor bebek yg telah di blender ke dalam adonan item no 2 sampai 5 dan 10, aduk hingga yakin merata. kemudian masukan pandan dan di kukus sampai wangi kira2 40 menit.
untuk kroto bisa dikukus langsung atau dicocolkan pada waktu mancing.
NB : usahakan lemparan pada waktu memancing hanya satu atau dua titik lemparan saja agar ikan bisa berkumpul


RESEP 9:
Bahan-bahan :
1.       Kroto 2 Ons
2.       Susu dencows 2 sachet
3.       Merah telor bebek 5 butir
4.       Ikan tuna (deho) 1 kaleng
5.       katulampa 2 bungkus

caranya :

telur bebek merahnya aja, susu dencow,ikan tuna (duhaluskan dulu), kroto di aduk jadi jadi satu, setelah selesai masukan ke plastik lalu dikukus, +- 40 menit, siap di hidangkan , pengerasnya katulampa.

RESEP 10:
Umpan ikan untuk Kolam Pemancingan : Cocok untuk target sasaran ikan mas, tombro. Umpan ini sudah diuji cobakan oleh pemancing kawakan. Cocok buat anda yang bersiap siap untuk memancing di kolam pancing. ( diambil dari berbagai sumber)
Resep 1:
Bahan – bahan :
-         Ubi jalar atau ketela rambat 500g
-         Jagung muda
-         Belut 200 gram
-         Ikan sarden satu kaleng kecil
-         2 butir telur itik, atau telur bebek
-         100 gram pakan udang dalam bentuk tepung
-         kroto atau telur semut secukupnya                                                                                                                                 

Cara pembuatan:
-         ubi jalar dan jagung dikukus sampai matang, jagung diambil butirnya saja dan dihaluskan.
-         Belut di kukussampai matang, diambil dagingnya dihancurkan dan dicampur dengan adonan pertama
-         Sedikit demi sedikit dituangkan teluryang sudah dikocok terlebih dahulu sampai rata.
-         Ikan sardine diambil dagingnya saja tanpa kuah lalu dicampurkan juga.
-         Pakan udang berbentuk tepung dicampurkan sekaligus untuk menjaga tekstur umpan ikan agar jangan sampai terlalu lunak dan mudah hancur. Pakan uadang bisa ditambahkan sampai memperoleh komposisi pakan yang sesuai
-         Saat akan memancing bulatkan adonan yang ada dan gulirkan ke adonan kroto atau telur semut terlebih dahulu supaya menempel. Baru anda , mulai memancing.

2 comments:

  1. TIP BUAT MANCING Para Mania ,,,
    Kalau Mancing Sebaiknya Perhatikan tangan kita
    1, Tangan/jari kita harus bersih
    2,Jangan bau apapun selain sabun wangi
    3, Dan Jangan Pegang Apapun selain umpan
    Saya telah mengamatin ikan mas berhari dikolam saya sendiri ,pernah tanganku bekas soffel atau habis betulin motor ( bau bensin ) langsung pegang umpan trus saya coba umpan ke ikan mas yg ada di kolam ternyata ikan langsung ,menjauh ,begitu juga kalau kita mancing ,bisa bisa mutih sampai sore ,
    Percaya nggak percaya terserah para mancing mania ,Terima kasih

    ReplyDelete
  2. tanx infonya gan infonya

    ReplyDelete

Tulisan ini terbuka untuk dikomentari, dikritik demi perbaikan di kemudian hari

Reviews Software Free Download

findtoyou.com

How Speed U Are???